Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian yang berkualitas pada anak-anak, termasuk peserta didik kelas 1. Namun, tantangan dalam menerapkan pendidikan karakter di kelas 1 SDN Pepelegi II Waru adalah kompleksitas dalam memahami kebutuhan dan perkembangan karakter siswa serta kurangnya dukungan dari berbagai pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter di dalam kelas untuk peserta didik kelas 1 SDN Pepelegi II Waru, dengan fokus pada tantangan yang dihadapi, metode yang digunakan, dan hasil yang diperoleh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk memahami langsung situasi di dalam kelas, sedangkan wawancara dilakukan dengan guru kelas 1A, 1B, dan 1C untuk mendapatkan wawasan mendalam mengenai pendidikan karakter di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di kelas 1 SDN Pepelegi II Waru menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan konsentrasi siswa, dukungan orang tua yang bervariasi, dan kurikulum yang terlalu fokus pada aspek akademis. Namun, melalui kolaborasi antara guru, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya, serta inovasi dalam pendekatan pembelajaran karakter, sekolah ini telah berhasil meningkatkan efektivitas pendidikan karakter dan membantu membentuk generasi yang berkarakter dan berintegritas.
Copyrights © 2024