POMA JURNAL
Vol 1 No 1 (2023)

STRATEGI MANAJEMEN PELAYANAN TERHADAP ORGANISASI MASYARAKAT DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Bahtiar, Bahtiar (Unknown)
Mujahid, Mujahid (Unknown)
Rukaiyah, St (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Manajemen Pelayanan terhadap Organisasi Masyarakat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur. Lokasi penelitian yaitu di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara. Adapun waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai dengan Oktober 2023. Informan penelitian ini berjumlah 7 informan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu Kondensasi data, Penyajian data, dan Verifikasi data (kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui Atribut layanan masyarakat terkait sarana dan prasarana sudah sangat menunjang para pengawai untuk memberikan layanan administarsi dan pemasaran/penyampaian layanan. Pendekatan untuk penyempurnaan kualitas layanan, dari segi biaya sudah sesuai dengan SOP namun dari segi waktu belum sempurna dalam menyelesaikan beberapa surat. Implementasi manajemenn, tahap seleksi ini merekrut pegawai harus mengikuti tes namun segi pelatihan masih kurang dikarenakan hanya mengikuti pelatihan satu kali setahun, Tahap prosedur layanan sudah efektif karena dapat memberitahukan dengan baik dan jelas, dan Tahap kepuasan pelanggan dilihat sangat puas dari sarana yang diberikan dan keramahan pegawainya. Sistem umpan balik, dari segi memahani persepsi pelanggan sudah baik karena dapat memberikan jalan keluar setiap permasalahan dialami masyarakat sedangkan dalam mempertahankan kinerja juga sudah baik karena menerapkan sikap kedisiplinan dan motivasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

POMAJURNAL

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

POMA JURNAL: Publish of Management dikelola dan diterbitkan oleh lembaga jurnal yang ada pada Program Studi Manajemen S1 Universitas Fajar dengan durasi publikasi yakni periode satu Januari hingga Juni, periode kedua adalah Juli hingga Desember. Tujuan penerapan publikasi bersifat range atau jarak ...