Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 8, No 2 (2024): EDUNOMIKA

DIGITALISASI DESTINASI SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN PROMOSI PARIWISATA DI INDONESIA

Reza Nurul Ichsan (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Paulus Laratmase (Universitas Lelemuku Saumlaki)
Riztrya Novedliani (Universitas Kebangsaan Republik Indonesia)
Eva Yuniarti Utami (Universitas Sebelas Maret)
Tono Mahmudin (Universitas Kristen Indonesia Maluku)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Abstrak Digitalisasi destinasi menjadi subjek utama dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal dan laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian ini bahwa ada beberapa teknologi digitalisasi yang dapat memudahkan dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia, di antaranya yaitu teknologi e-commerce, teknologi Marketplace, teknologi sosial media, teknologi aplikasi chatting, teknologi virtual reality, teknologi cloud, teknologi komputasi paralel, dan sistem informasi geografis (SIG). Selain itu, ada juga beberapa program yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi pariwisata yaitu podcast, pelatihan pemasaran online, e-bulletin, dan pose. Adapun empat bauran promosi yang biasa digunakan sebagai strategi promosi pariwisata di Indonesia yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan hubungan masyarakat. Kata Kunci: Digitalisasi Destinasi, Promosi, Pariwisata

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...