Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis guru pendidikan jasamani olahraga dan kesehatan melalui open class dan lesson study di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Metode penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi sebanyak 4 guru PJOK SMA Negeri 4 Sidoarjo, metode yang dipakai dalam memilih sampel adalah purposive sampling sehingga didapatkan 1 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kemampuan guru adalah penilaian kinerja dan form formative class evaluation (FCE). Penilaian kinerja menggunakan teknik observasi oleh tiga pengamat terhadap satu guru yang melakukan open class menggunakan instrument ujian kinerja (Ukin). Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh dari instrumen Ukin didapat persentase rata-rata sebesar 79.0% (tinggi) dengan rincian dari pengamat 1 sebesar 80.3% (tinggi), pengamat 2 sebesar 77.0% (tinggi), pengamat 3 sebesar 79.8% (tinggi). Hasil pengukuran FCE menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran yang dilakukan guru sebesar 2.66 (baik) dengan rincian penilaian peserta didik laki-laki 2.75 (baik) dan perempuan 2.58 (baik). Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa faktor yang memengaruhi keberhasilan open class adalah partisipasi guru dan kolaborasinya dengan peneliti sehingga daapt dilakukan refleksi dan tindakan perbaikan yang mampu meningkatkan keefektifitasan open class. Sehingga kegiatan open class dapat menjadi alternative yang efektif dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dalam pengajaran.
Copyrights © 2024