Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi inovasi pembelajaran seni musik di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Musikologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi pengelolaan kegiatan, termasuk penyampaian materi, penggunaan peralatan dan media, serta penentuan bahan dan waktu. Selain itu, strategi berbasis masalah (SPMB) juga diadopsi sebagai metode pembelajaran di kelas. Terdapat lima komponen yang ikut serta dalam strategi pembelajaran, yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, dan evaluasi. Selain strategi, penelitian ini juga mengidentifikasi tiga model inovasi pembelajaran yang diterapkan, yaitu inovasi pembelajaran kuantum, inovasi pembelajaran kompetensi, dan inovasi pembelajaran kontekstual. Temuan ini memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana guru seni musik di SMA Negeri 1 Kotamobagu menghadapi tantangan pembelajaran dan mengembangkan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Copyrights © 2023