Penelitian ini disusun untuk mengetahui kemampuan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Manado dalam menghafalkan kosakata menggunakan Lagu sebagai media ajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, di mana pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test. Tes tersebut untuk mengetahui kemampuan mahasiswa sebelum dan sesudah menghafalkan kosakata menggunakan lagu. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persespi yang positif terhadap pembelajaran menghafal kosakata dengan lagu. Pembelajaran kosakata dengan menggunakan lagu dapat membantu mahasiswa dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang dan menambah motivasi mahasiswa dalam mempelajari lebih banyak kosakata. Penggunaan lagu dalam pembelajaran bahasa Jepang juga meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami tata bahasa, belajar hirgana, katakana maupun kanji. Oleh karena itu, penggunaan media lagu dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang, terutama untuk kata-kata yang sulit diingat oleh mahasiswa.
Copyrights © 2023