Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Di Bawah Umur dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di tingkat SMP. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak-catat (note-taking) terhadap dialog-dialog dan adegan-adegan dalam film Di Bawah Umur karya Erisca Febriani, sebagai sumber data utama dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara desrkiptif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya 6 nilai pendidikan karakter: 1) Jujur, 2) Disiplin, 3) Percaya Diri, 4) Bertanggungjawab, 5) Kerja keras, dan (6) Bergaya hidup sehat. Adapun implikasinya terhadap pembelajaran sastra dilihat dari nilai pendidikan karakter yang telah diteliti, peneliti menemukan bahwa film menjadi media yang efektif dalam pembelajaran sastra sehingga dapat membangun nilai pendidikan karakter yang positif.
Copyrights © 2024