Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

PEMERTAHANAN BAHASA PONOSAKAN PADA KALANGAN REMAJA DI DESA BELANG KECAMATAN BELANG

Gamar N. Manoso (Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado)
Thelma I. M. Wengkang (Universitas Negeri Manado)
Intama J. Polii (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemertahanan bahasa Ponosakan di kalangan remaja di Desa Belang, Kecamatan Belang. Penelitian ini juga dirancang untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya penggunaan bahasa Ponosakan pada kalangan remaja di Desa Belang, Kecamatan Belang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dilakukan terhadap remaja yang tinggal di Desa Belang sebagai informan, yang kedua teknik observasi dengan mengamati penggunaan bahasa Ponosakan pada kalangan remaja yang menggunakan bahasa Ponosakan di Desa Belang, dan terakhir teknik angket dengan memberi daftar pertanyaan yang akan diisi oleh informan. Penelitian ini dilakukan pada 10 remaja di Desa Belang. Hasil penelitian ini menunjukan bahasa Ponosakan masih bertahan dengan persentase 40% dari 10 informan. Sementara itu, pergeseran dengan parsentase 60% dari 10 informan. Adapun faktor yang mempengaruhi pemertahanan bahasa Ponosakan adalah globalisasi, kebijakan pemerintah, sumber daya manusia perkawinan campuran dan migrasi, ketiadaan Aksara, Bahasa Ponosakan tidak memiliki aksara bahasa tersendiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...