Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Vol. 5 No. 02 (2024): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini

Nur Hidayah Dayah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ahmad Syukri Sitorus (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Observasi ini ditujukan guna memahami seberapa besar dampak metode bercerita terhadap kemampuan berbahasa terhadap peserta didik. Observasi ini memakai jenis observasi kuantitatif dengan metode uji coba dengan model yang dipakai yaitu Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada observasi ini yaitu satu kelas anak B2 yang berada di RA Siti Amelia yang beranggotakan 12 peserta didik. Pengelompokan data didapat melalui tes, observasi, serta dokumentasi. Analisis data didapat dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T. Hasil observasi menggambarkan bahwa menurut hasil analisis uji t (paired sample t-test), maka dapat diperoleh hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14.582 > 1.714 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan sebetulnya terdapat keragaman yang signifikan kemampuan berbahasa peserta didik ketika sebelum dan sesudah diberi metode bercerita. Dalam artian thitung > ttabel yang maksudnya Ha diterima dan Ho ditolak. Banyaknya dampak metode bercerita pada kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Siti Amelia yaitu sebesar 7,50 serta dalam interpretasi nilai Cohen’s ialah 69% yang dikategorikan sedang. Berdasarkan paparan diatas,bisa di tarik kesimpulan terdapat pengaruh metode bercerita pada kemampuan berbahasa peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sanak

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience

Description

jurnal kajian anak is early childhood study journal are articles of research results such as research and development quantitative qualitative experiment literature studies application of theory critical analysis studies and islamic studies of childrens education in early childhood and childrens ...