JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 9, No 2 (2024): VOLUME 9 NUMBER 2 MAY 2024

Determinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Interaktif PhET Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SD

Suarmika, Putu Eka (Unknown)
Pratiwi, Vidya (Unknown)
Samsuri, Samsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif PhET terhadap kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA yang dilaksanakan di SDI Al – Abror Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design dan teknik pengambilan sampel berupa random sampling yang terdiri dari kelas VI-A (kelas eksperimen) dengan jumlah 26 dan kelas VI-C (kelas kontrol) dengan jumlah 24 sehingga total sampel sebanyak 50 siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes essay. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan literasi sains dengan taraf signifikan 5%, uji – t nilai post – test kedua kelas menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,46 dan ttabel sebesar 2,03 dengan thitung > ttabel maka hasil keputusan Ho ditolak dan H1 diterima. Dan nilai rata – rata hasil kemampuan literasi sains pada kelas eksperimen sebesar 87,69 lebih baik dibanding kelas kontrol sebesar 75,91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif PhET terdapat pengaruh secara signifikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...