Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA anak kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 2 Kilensari dalam memahami materi gaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan metode percobaan sederhana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi selama pembelajaran. Perkembangan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, baik dari segi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,77% dari 76,47% menjadi 88,24% dan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 17,31% dari 67% menjadi 84,31%. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 15,38% dari 76,92% menjadi 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode percobaan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi gaya.
Copyrights © 2023