JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 9, No 2 (2024): VOLUME 9 NUMBER 2 MAY 2024

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR GAYA KELAS IV SD

Anggraeni, Desi (Unknown)
Heryanto, A (Unknown)
Sunedi, Sunedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pengajaran kontekstual (CTL) terhadap motivasi dan minat belajar gaya siswa kelas IV di SD Negeri 01 Tugu Mulyo. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas IV di SD Negeri 01 Tugu Mulyo pada tahun akademik 2022/2023. Sementara itu, sampel penelitian diambil secara keseluruhan. Untuk analisis data, angket digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angket motivasi awal memiliki nilai rata-rata 57,5 dan termasuk dalam kategori cukup. Hasil angket motivasi akhir dengan nilai rata-rata 77,6786 termasuk dalam kategori baik setelah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Dengan begitu, dapat disarikan bahwa model pengajaran dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bisa meningkatkan motivasi belajar metode di kelas IV SD di SD Negeri 01 Tugu Mulyo. Berdasarkan hasil riset didapatkan nilai rata-rata hasil kuesioner minat awal sebesar 56,4286 yang termasuk dalam kategori memadai. Setelah diterapkan bentuk pengajaran dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), nilai rata-rata hasil kuesioner minat akhir sebesar 75,1786 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bentuk pengajaran dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar metode di kelas IV SD di SD Negeri 01 Tugu Mulyo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...