JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARY 2024

IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN 24 PENDOPO

Setianingrum, Mareti (Unknown)
Heryanto, A (Unknown)
Sunaedi, Sunaedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar materi siklus air dikelas V SDN 24 Pendopo. Jenis penelitian one group pre-test post-test design, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Pendopo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen tes berupa soal essay atau uraian berjumlah 5 soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Paired sample t-test. Berdasarkan hasil pengujian yang di peroleh dengan melakukan tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest) yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan uji t bahwa harga thitung sebesar (16,502) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari nilai ttabel (t0.05, 22 = 2.074) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, dari hasil hitung uji t tersebut maka terdapat implementasi model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar materi siklus air dikelas V SDN 24 Pendopo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...