Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar materi siklus air dikelas V SDN 24 Pendopo. Jenis penelitian one group pre-test post-test design, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Pendopo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen tes berupa soal essay atau uraian berjumlah 5 soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Paired sample t-test. Berdasarkan hasil pengujian yang di peroleh dengan melakukan tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest) yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan uji t bahwa harga thitung sebesar (16,502) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari nilai ttabel (t0.05, 22 = 2.074) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, dari hasil hitung uji t tersebut maka terdapat implementasi model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar materi siklus air dikelas V SDN 24 Pendopo.
Copyrights © 2024