Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri siswa kelas V di SD Negeri 94 Singkawang; 2) mendeskripsikan tingkat kemampuan public speaking siswa kelas V di SD Negeri 94 Singkawang; 3) untuk menganalisis hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan public speaking siswa kelas V di SD Negeri 94 Singkawang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel berupa teknik sampling jenuh, dengan sampel 35 siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Teknik pengumpulan data adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumennya berupa tes speaking dan teknik pengukuran dengan alat pengumpul datanya berupa lembar angket kepercayaan diri. Teknik analisis data yaitu dengan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kepercayaan diri siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang tergolong sedang dengan rata-rata nilai keseluruhan yaitu 69,87; 2) kemampuan public speaking siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang tergolong cukup dengan rata-rata nilai 67,29; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan public speaking siswa kelas V SD Negeri 94 Singkawang, yaitu sebesar 0,786. Adapun implikasi dalam penelitian ini yaitu meningkatnya kepercayaan diri siswa melalui pemberian tes public speaking di kelas V SD Negeri 94 Singkawang.
Copyrights © 2024