JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARY 2024

PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA KELAS IV SDN 1 SINGKAWANG

Marhayani, Dina Anika (Unknown)
Siska, Siska (Unknown)
Setyowati, Rini (Unknown)
Kariadi, Dodik (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode desain eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan berbentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh (purposive sampling). Penelitian dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan metode demonstrasi sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan metode demonstrasi dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi budaya bangsaku. keragaman yang dianalisis menggunakan uji-t dengan nilai 3,387 > 2,004; (2) Terdapat respon siswa terhadap metode demonstrasi pada pembelajaran IPS sebesar 86% dari kriteria persentase (75-100%) dengan kriteria sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Singkawang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...