Pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila sebagian besar peserta didik memahami pelajaran dengan baik. Media pembelajaran merupakan salah satu pendukung yang efektif dalam membantu terjadinya proses belajar, salah satunya yakni media video. Adapun identifikasi masalah penelitian ini yaitu pembelajaran masih berpusat pada pendidik, pendidik belum maksimal dalam memilih media pembelajaran yang tepat pada saat proses pembelajaran dengan rumusan masalah “Bagaimana Pemanfaatan Media Video Pada Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Nilai Kereligiusan Siswa kelas VII SMP N 3 Way Pengubuan”. Dan tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui Pemanfaatan Media Video Pada Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Nilai Kereligiusan Siswa Kelas VII SMP N 3 Way Pengubuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, data dapat dikumpulkan peneliti melalui subjek dan objek penelitian, serta teknik sampling. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini secara trigulasi data yang diperoleh cenderung kualitatif. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan trigulasi teknik, serta penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dari peneliti dalam masalah ini, hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media berbasis video dalam penggunaannya diawali dengan proses perencanaan yang dilakukan oleh guru, seperti menyiapkan alat proyektor, dan proses penggunaan media video yang melibatkan guru dan siswa, serta suasana belajar yang menyenangkan yang ditandai dengan minat belajar siswa yang meningkat. Pada hasil belajar siswa SMP N 3 Way Pengubuan diketahui mengalami peningkatan nilai kereligusan dengan menggunakan media berbasis video dalam pembelajaran PAI.
Copyrights © 2024