Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Implementasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Punggur

Khofifah, Dwi (Unknown)
Wijaya, Adi (Unknown)
Hayati, Rina Mida (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penulisan artikel ini difokuskan untuk membahas implementasi moderasi beragama. Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman memiliki banyak agama dan budaya, dengan keragaman tersebut tidak dapat dihindari dengan adanya hambatan tentang persatuan, keamanan, dan keadilan. Melihat banyaknya sikap intoleran serta fanatisme yang terjadi maka moderasi agama sangat diperlukan sebagai jalan keluar dalam menciptakan kehidupan keagamaan yang cinta damai dan minim kekerasan. Muatan ajaran tentang toleransi, multikultural, dan perbedaan faham dalam konteks keagamaan menjadi instrumen penting dalam konten Pendidikan Agama Islam. Secara ideal begitu pula pembelajaran pendidikan agama islam berhubungan erat dengan implementasi moderasi beragama. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualittif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Data data yang diambil yaitu wawancara dengan kepala sekolah, guru agama, serta perwakilan dari peserta didik yang nantinya akan dijadikan sebagai objek penelitian. Kemudian didukung dengan data hasil dari observasi dan dokumentasi yang telah peneliti lakukan di SMA Negeri 1 Punggur. Dengan hasil penelitian bahwasanya Moderasi Beragama dikenalkan dan ditanamkan melalui pembelajaran pendidikan agam Islam yang terkandung dalam moderasi beragama yang meliputi sikap toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan akomodatif terhadap budaya lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...