Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Pola Hidup Gotong Royong Melalui Metode Game Based Learning di Kelas 4 MI Sirajut Thalibin Racek Tiris Probolinggo

Nur Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Indonesia dikenal bukan hanya negara yang sangat indah, namun juga dikenal dengan negara yang sangat ramah dan bermoral. Namun kenyataannya masih marak kasus yang menunjukkan degradasi moral. degradasi moral penurunan sikap dan perilaku positif. Degradasi moral terjadi hampir disetiap lini kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu bentuk gerak cepat dalam mengatasi degradasi moral adalah dengan memberikan pendidikan moral sedini mungkin pada siswa tingkat dasar. Salah satu pelajaran yang berfokus membentuk moral serta akhlak secara umum adalah PPKn. Salah satu upaya pengikisan degradasi moral dilakukan pada siswa kelas 4 MI Sirajut Thalibin Recek Probolinggo. Berdasarkan hasil observasi, masih terjadi perundungan ringan saat pelajaran hingga kurangnya kesadaran dalam kebersihan kelas. Secara akademik, hal tersebut dibuktikan dengan terdapat 60% siswa yang masih belum tuntas dalam pembelajaran PPKn. Maka perlu adanya upaya peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas 4 MI Sirajut Thalibin Recek Probolinggo. Upaya tersebut adalah dengan menggunakan metode Game Based Learning (GBL). Karakteristik GBL yang menyenangkan dianggap mampu memberikan counter terhadap permasalah pembelajaran PPKn yang cenderung membosankan sebab materi yang disampaikan terlalu luas dan berulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas 4 MI Sirajut Thalibin Recek Probolinggo pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan subjek yang berjumlah 28 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data verbal dan data non verbal. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) tes akademik. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan akademik yang signifikan dari siklus I hingga siklus II. Hal tersebut dibuktikan dengan nila rata-rata yang terus meningkat dari siklus I sebesar 86,3 hingga 89,4 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas MI Sirajut Thalibin Recek Probolinggo siklus I sebesar 100% dan siklus II sebesar 100%. Secara personal, selurh siswa mengalami peningkatan nilai dari siklus I hingga siklus II sehingga diakhir siklus persentasenya bertahan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode GBL dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi pola hidup gotong royong siswa kelas 4 MI Sirajut Thalibin Recek Probolinggo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...