Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Peran Pencak Silat Pagar Nusa di Dalam Penanaman Karakter Generasi Muda

Diah Ayu Santika (Unknown)
Irhamudin Irhamudin (Unknown)
M. Zainal Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penanaman karakter pada generasi muda sangat penting untuk di lakukan karena banyaknya pengaruh negatif dari masuknya budaya luar yang menyebabkan degradasi moral pada generasi muda. Baik di sadari atau tidak dampak dari globalisasi ini sangat berpengaruh besar bagi pertumbuhan serta perkembangan karakter pada generasi muda saat ini. Adapun peran pencak silat dalam penanaman karakter pada generasi muda adalah dalam penerapannya pencak silat tidak hanya bergerak di dalam ilmu bela diri saja melainkan dalam ilmu kerohanian, sepiritual serta penanaman karakter yang baik dengan memberikan pemahaman tentang nilai-nilai keagamaan. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang secara intensif bertujuan mempelajari tentang latar belakang serta situasi saat ini serta interaksi sosial suatu individu ,kelompok, lembaga, dan masyarakat.[1] Adapun metode yang di gunakan yaitu metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan ini yaitu diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada generasi muda sehingga mampu mengolah segala materi baik dari aspek fisik maupun mental dalam kehidupan sosial bermasyarakat sehingga dapat menjaga generasi muda dari berbagai ancaman pergaulan bebas. Mengajarkan nilai-nilai budi pekerti, akhlakul karimah, silaturahmi, toleransi, mempunyai pola pikir yang kuat, mandiri dan tanggung jawab, kasih sayang terhadap mahluk ciptaan Allah Swt.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...