RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 9, No 1 (2024): RISTEKDIK: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING - JANUARI-MARET 2024

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING UNTUK MENGATASI MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG RENDAH DI SEKOLAH

Ovi Rianto (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Meilla Dwi Nurmala (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Alfiandy Warih Handoyo (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Motivasi memainkan peran penting. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan aktif dalam proses belajar, rajin belajar, merasa senang, dan optimis dalam menyelesaikan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa di SMP 13 Kota Serang. Hal ini bertujuan agar efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah dengan menggunakan teknik modeling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan pendekatan penelitian yang objektif, melibatkan pengumpulan dan analisis data dalam bentuk angka, serta memanfaatkan metode pengujian statistik. Hasil yang diperoleh peneliti menunjukkan adanya perubahan signifikan pada siswa kelas VIII SMP 13 Kota Serang yang awalnya memiliki motivasi belajar rendah setelah mendapat teknik pemodelan perlakuan stimulasi melalui roleplaying. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji beda non parametrik menggunakan rumus Mann Whitney U yang menunjukkan nilai signifikansi. (2-tailed) 0,001 dengan tingkat signifikansi [α = 0,05]. Hasil perhitungan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis bahwa "Ada efek positif yang signifikan dari teknik pemodelan pada siswa yang mengalami motivasi belajar rendah" dapat diterima 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...