Religi: Jurnal Studi Agama-agama
Vol. 19 No. 2 (2023)

Melampaui dari Sebuah Simbol Semangka: Memahami Konflik Palestina-Israel dalam Instagram

Henky Fernando (Universitas Gadjah Mada)
Yuniar Galuh Larasati (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Diseminasi isu-isu konflik Palestina-Israel dalam media sosial Instagram tidak hanya merupakan sebuah ekspresi simbolik, tetapi juga memuat orientasi makna yang begitu kompleks dan kontekstual. Namun konteks tersebut belum dibahas secara ilmiah dalam studi-studi yang pernah dilakukan sebelumnya. Selain merespon kekurangan dari studi-studi yang pernah dilakukan, studi ini juga didasarkan pada pertanyaan bagaimana orientasi makna konflik Palestina-Israel yang diseminasikan dengan menggunakan simbol-simbol semangka dalam Instagram. Untuk merefleksikan dan menjawab pertanyaan tersebut studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam mengivestigasi situasi, kondisi, dan preferensi makna konflik Palestina-Israel yang diseminasikan dalam tagar #semangka dalam Instagram. Studi menyoroti tiga temuan penting; Pertama, diseminasi isu-isu konflik Palestina-Israel dalam Instagram dengan menggunakan simbol-simbol semangka berorientasi pada makna-makna yang bersifat evaluatif terhadap implikasi konflik. Kedua, diseminasi isu-isu konflik Palestina-Israel dalam Instagram dengan menggunakan simbol-simbol semangka berorientasi pada makna-makna yang bersifat rekomendatif sebagai resolusi konflik. Ketiga, diseminasi isu-isu konflik Palestina-Israel dalam Instagram dengan menggunakan simbol-simbol semangka berorientasi pada makna-makna yang bersifat progresif sebagai preferensi hidup pasca konflik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Religi

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Religi: Jurnal Studi Agama-Agama is an open access peer reviewed research journal published by Department of Religious Studies, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Religi: Jurnal Studi Agama-Agama is providing a platform for the researchers, academics, professional, practitioners and students to impart ...