Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Hiliduho, ditemukan masalah yaitu siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Kesulitan belajar merupakan salah satu faktor ekstern (dari luar diri) siswa yang diidentifikasikan mengakibatkan rendahnya prestasi belajar matematika siswa, kesulitan belajar ini dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satu diantaranya adalah siswa tidak mengerti dengan baik dan jelas tujuan dan isi materi dari pelajaran matematika yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kesulitan siswa pada pembelajaran matematika. (2) mendeksripsikan kesulitan belajar matematika siswa tersebut pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hiliduho. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hiliduho dengan jumlah informan penelitian sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa : ada siswa yang kesulitan belajar pada materi statistika dengan kategori kesulitan sangat rendah, cukup dan sulit. dalam penyajian data, kurangnya pengoperasian bilangan, serta penggunaan operasi matematika (Penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian), menemukan solusi serta dalam mengambil kesimpulan, sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Dari hasil analisis lembar jawaban siswa, di peroleh sebagian besar siswa tidak memberikan jawaban benar yang menyelesaikan penyelesaian dari soal tersebut. Hal ini di perkuat dengan deskripsi hasil wawancara dengan semua siswa sebagai subjek penelitian, dan berdasarkan hasil wawancara di ketahui bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam belajar matematika khususnya materi Statistika.
Copyrights © 2023