Tujuan penulisan artikel ini adalah menggambarkan pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 8 Percut Sei Tuan. Peneliti memakai metodologi kuantitatif dan desain eksperimental. Populasi yang dipakai ialah seluruh peserta didik kelas VIII yang ada di SMPN 8 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 165 peserta didik. Studi ini mengambil sampel sebanyak 2 kelas dari 5 jumlah keseluruhan kelas yaitu kelas VIII-1 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan memakai teknik simple random sampling. Data yang telah didapat akan dipakai untuk menguji hipotesis studi dengan memakai uji-t. Dari hasil analisis yang telah dilaksanakan peneliti didapat, dan dengan didapat yang berarti yaitu . Dari hasil yang telah didapatkan menampilkan bahwa H1 diterima dan H0 di tolak yang artinya adanya dampak positif pada penggunaan model pembelajaran generatif pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Copyrights © 2024