Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 1 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI BUNGA TUNGGAL MAJEMUK DAN ANUITAS SISWA KELAS XI KULINER SMK NEGERI 6 PADANG

Delvi Marten (Universitas PGRI Smatera Barat)
Hafizah Delyana (Universitas PGRI Smatera Barat)
Sofia Edriati (Universitas PGRI Smatera Barat)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Permasalahan belajar yang terjadi pada siswa salah satunya yaitu kurangnya daya tarik siswa dalam belajar, pemahaman terhadap materi rendah dan nilai ulangan harian yang masih tergolong rendah dikarenakan siswa kurang memahami materi pembelajaran dan siswa kurang tertarik untuk belajar dengan proses pembelajaraqn yang masih bersifat konvensnal. Bahan ajar yang disajikan secara konvensional akan membuat siswa cenderung malas untuk belajar karena tidak dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Paang Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan pada model pengembangan ini terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa media pembelajran interaktif yang dikembangkan memperoleh hasil validitas materi dan media sebesar 82,95% dan 88% dengan kategori sangat tinggi . Hasil nilai akhir nilai praktikalitas guru sebesar 87.83% dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalisasi siswa sebesar 83.43% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada materi bunga tunggal, majemuk dan anuitas di SMK Negeri 6 Padang dinyatakan valid dan praktis untuk di gunakan pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...