Guru merupakan sosok yang memiliki peran strategis dalam proses pendidikan, dan menduduki posisi sentral dalam proses pembelajaran. Dalam aspek kompetensi, seorang guru sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran dan salah satu kompetensi penting guru adalah teknologi informasi komunikasi. Suka atau tidak guru perlu beradaptasi dengan tuntutan masa kini dan masa yang akan datang. Orientasi pelayanan organisasi adalah terpenuhinya kepuasan konsumen dan orientasi pelayanan masa kini adalah kualitas pelayanan untuk memenuhi kepuasan konsumen. Begitu pula guru, diharapkan pelayanan guru mengacu kepada kualitas pelayanan sehingga diharapkan dapat memenuhi kepuasan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi teknologi informasi komunikasi guru terhadap kepuasan siswa SMK Negeri 3 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi teknologi informasi komunikasi guru memiliki pengaruh sebesar 35,6 % terhadap kepuasan siswa dan sisanya sebesar 64,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2024