Jurnal Sains Kesehatan
Vol 31, No 1 (2024)

Pengembangan Monopoli Gizi sebagai Media Pembelajaran Gizi Seimbang pada Remaja di SMPN 103 Jakarta

Dwiyana, Parlin (Unknown)
Kusumaningrum, Apriana Ditya (Unknown)
Salsabila, Dhea Marliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Pengetahuan gizi rendah menjadi pemicu timbulnya pemahaman diet yang tidak tepat yang berisiko meningkatkan masalah gizi remaja. Monopoli gizi dapat menjadi media pembelajaran gizi seimbang yang menarik perhatian remaja dan berperan dalam peningkatan pengetahuan gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan monopoli gizi sebagai media pembelajaran gizi seimbang yang menarik dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian ADDIE untuk mengembangkan media monopoli gizi yang dilakukan di SMPN 103 Jakarta dengan jumlah responden sebanyak 79 orang. Hasil penilaian terkait kelayakan media sebesar 99,8% yang menunjukkan monopoli gizi yang dikembangkan sangat layak untuk menjadi media pembelajaran gizi seimbang. Penerapan media ini dapat meningkatkan ketertarikan serta efektivitas dalam proses pembelajaran gizi seimbang. Kedepannya media ini dapat memperbaharui informasi gizi lainnya pada kartu permainan.Kata Kunci: gizi seimbang, media pembelajaran, monopoli gizi, pengetahuan, sikap, remaja 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Sains Kesehatan di terbitkan oleh STIKES TRI MANDIRI SAKTI. Terbitan Jurnal Sains Kesehatan Tiga (3) dalam setahun. Jurnal Sains Kesehatan merupakan jurnal ilmiah dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Kebidanan dan ...