Fenomena kerusakan lingkungan merupakan permasalahan yang sulit diatasi secara global, khususnya di Indonesia yang merupakan negara maritim terbesar didunia. Pencemaran polusi udara, kerusakan tanah, tingginya populasi sampah plastik, dan krisis air bersih merupakan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan akan kesadaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perspektif pendidikan kesadaran lingkungan dalam ilmu Administrasi Publik (Kebijakan publik, organisasi publik, dan manajemen publik) untuk meningkatkan pengembangan pengetahuan kesadaran lingkungan pada Pelajar Tingkat Perguruan Tinggi Administrasi Publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (meta-sintesis), dengan metode Systematic Literature Review. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tinjauan Pustaka dengan menggunakan database google scholar dan menggunakan aplikasi publish or perish dan reference manager mendeley. Hasil penelitian ditemukan fenomena kerusakan lingkungan yang semakin kompleks mempengaruhi studi Administrasi Publik untuk menyesuaikan sehingga muncul perspektif ekologi Administrasi Publik, manajemen bencana dan Good environmental governance. Fokus keilmuan Administrasi Publik berkaitan dengan birokrasi publik dan lokusnya berkaitan dengan lembaga pemerintah dan kepentingan publik, sehingga seorang administrator publik akan cenderung memiliki kepekaan terhadap masalah publik, khususnya dalam artikel ini berkaitan dengan masalah kerusakan lingkungan.
Copyrights © 2024