Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas implementasi model Discovery Lerning, peningkatan prestasi belajar siswa dan literasi lingkungan siswa pada topik energi bagi siswa VII SMP PGRI O2 Singosari. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 02 Singosari dengan subjek penelitian kelas VII yang berjumlah 33 orang. Jenis dan metode yang di gunakan adalah jenis pendekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi RPP, Lembar Observasi, wawancara, dokumentasi dan soal prestasi belajar (20 soal) Dan angket literasi lingkungan (10 pernyataan). Pada siklus I dan II pembelajaran di lakukan dengan menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian ini menunjukan, Pertama, penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini dapat dibuktikan dari hasil persentase kualitas keterlaksanaan pembelajaran siklus II sebesar 75,62%. Kedua, penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan nilai prestasi belajar pada siklus II meningkat dari siklus I 77% menjadi 81,60%. Ketiga, model Discovery Learning dapat meningkatkan literasi lingkungan siswa. Hal ini dapat di buktikan hasil persentase literasi lingkungan siswa meningkat dari persentase siklus sebelumnya yaitu 78% menjadi 83,71%. Dari penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning sangat membantu siswa dalam belajar sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar dan literasi lingkungan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023