Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran yang sesuai bagi usaha budidaya rumput laut di Desa Bontosunggu Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pendekatan observasi, serta menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat untuk usaha budidaya rumput laut di Desa Bontosunggu Kecamatan Tamalate Kabupaten Jeneponto berdasarkan analisis internal dan eksternal adalah strategi Growth (perkembangan). Pada posisi tersebut, pembudidaya rumput laut dapat mengembangkan usahanya secara efektif melalui penggunaan strategi SO (Strength/Opportunities), yaitu strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang dimilikinya, dalam hal ini branding yang kuat dimanfaatkan untuk mengembangkan jaringan pemasaran di skala yang lebih luas, serta keterampilan pembudidaya yang baik dapat meningkatkan kemampuannya untuk melakukan promosi di media sosial. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024