Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 3, No 2 (2024): Mei

Strategi Pemasaran Budidaya Rumput Laut di Desa Bontosunggu Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto

Novitasari Novitasari (Universitas Negeri Makassar)
Hasnawi Haris (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Luthfi Siraj (Universitas Negeri Makassar)
Aslinda Aslinda (Universitas Negeri Makassar)
Sirajuddin Saleh (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran yang sesuai bagi usaha budidaya rumput laut di Desa Bontosunggu Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pendekatan observasi, serta menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat untuk usaha budidaya rumput laut di Desa Bontosunggu Kecamatan Tamalate Kabupaten Jeneponto berdasarkan analisis internal dan eksternal adalah strategi Growth (perkembangan). Pada posisi tersebut, pembudidaya rumput laut dapat mengembangkan usahanya secara efektif melalui penggunaan strategi SO (Strength/Opportunities), yaitu strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang dimilikinya, dalam hal ini branding yang kuat dimanfaatkan untuk mengembangkan jaringan pemasaran di skala yang lebih luas, serta keterampilan pembudidaya yang baik dapat meningkatkan kemampuannya untuk melakukan promosi di media sosial. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis bertujuan untuk mempertajam ide bisnis dengan bidang keilmuan administrasi bisnis, ekonomi, manajemen, kewirausahaan, pemasaran dan pengembangan sumber daya ...