Teknologi internet yang menawarkan jasa e-commerce telah mengubah gaya hidup mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup Mahasiswa Universitas Pamulang akibat adanya e-commerce dan menganalisis faktor-faktor yang melatarbelakngi mahasiswa melakukan pembelian melalui e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa era globalisasi teknologi membawa e-commerce telah merubah gaya hidup mahasiswa menjadi berperilaku konsumtif dan inovatif. Mahasiswa yang memiliki gaya hidup konsumtif selalu berpenampilan menarik, mengenakan fashion bermerk, memiliki standar hidup menengah ke atas, serta lebih banyak bergaul dengan orang-orang yang memiliki hobi sama. Hal yang sama juga diaminkan oleh teori masyarakat konsumsi yang memperlihatkan bahwa sekelompok masyarakat mengkonsumsi barang karena perkembangan zaman modern melalui pemakaian jasa e-commerce. Faktor yang mempengaruhi pemanfaatan e-commerce adalah efisiensi waktu, akses yang mendukung, serta sebagai pemenuhan kebutuhan barang dan kepuasan. Pemenuhan kepuasan terlihat dari pemilihan barang bermerk untuk tetap terlihat berpenampilan trendy di lingkungan sosialnya. Oleh karena itu, kita perlu mepertimbangkan apa yang ingin dibeli melalui jasa e-commerce, sehingga perilaku konsumtif dapat dihindari terlebih di masa pandemik seperti ini.
Copyrights © 2024