Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penting media pembelajaran Si Gesit dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada siswa kelas 5 SDN Kunjang 2 Kediri yang memerlukan intervensi khusus. Perkembangan Si Gesit dalam pembelajaran literasi dan numerasi dinyatakan valid oleh tiga orang ahli. Penilaian ahli materi dengan persentase 92% ahli media dengan persentase 97% dan ahli bahasa dengan persentase 80%. Hasil uji coba kelompok kecil dengan 6 orang siswa diperoleh persentase 90%, dan kelompok besar uji coba dengan 16 siswa memperoleh persentase 95% memperoleh kategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil tes literasi numerasi siswa sebelum menggunakan Si Gesit mencapai 55,62. Setelah menggunakan Si Gesit rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 75. Terjadi peningkatan sebesar 19,38. Rapor pendidikan tahun 2022 menunjukkan peningkatan yang signifikan. Keterampilan literasi berada pada kategori baik yaitu mencapai 71,43% artinya siswa telah mencapai kompetensi minimal. Capaian literasi ini akan meningkat sebesar 114,31% pada tahun 2022. Sedangkan kemampuan numerasi sudah berada pada kategori sedang yaitu 50% artinya 40% - 70% siswa sudah mencapai kompetensi minimal.
Copyrights © 2024