Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Vol. 11 No. 1 (2024): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

Pengembangan Media Pembelajaran Tangguh dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca dan Numerasi Siswa Kelas V SD

Retnowati, Lina (Unknown)
Sulandra, I Made (Unknown)
Suparti, Suparti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penting media pembelajaran Si Gesit dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada siswa kelas 5 SDN Kunjang 2 Kediri yang memerlukan intervensi khusus. Perkembangan Si Gesit dalam pembelajaran literasi dan numerasi dinyatakan valid oleh tiga orang ahli. Penilaian ahli materi dengan persentase 92% ahli media dengan persentase 97% dan ahli bahasa dengan persentase 80%. Hasil uji coba kelompok kecil dengan 6 orang siswa diperoleh persentase 90%, dan kelompok besar uji coba dengan 16 siswa memperoleh persentase 95% memperoleh kategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil tes literasi numerasi siswa sebelum menggunakan Si Gesit mencapai 55,62. Setelah menggunakan Si Gesit rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 75. Terjadi peningkatan sebesar 19,38. Rapor pendidikan tahun 2022 menunjukkan peningkatan yang signifikan. Keterampilan literasi berada pada kategori baik yaitu mencapai 71,43% artinya siswa telah mencapai kompetensi minimal. Capaian literasi ini akan meningkat sebesar 114,31% pada tahun 2022. Sedangkan kemampuan numerasi sudah berada pada kategori sedang yaitu 50% artinya 40% - 70% siswa sudah mencapai kompetensi minimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Inovasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review. ...