MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2023): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android “Si-Inka” Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Kumawati, Siti (Unknown)
Rahmawati, Fadhilah (Unknown)
'Adna, Syita Fatih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika, dimana banyak peserta didik menghindari mata pelajaran ini karena dianggap sulit dan menakutkan. Analisis kebutuhan menunjukkan beberapa permasalahan, seperti kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, kecenderungan peserta didik menghafal tanpa pemahaman konsep, kemampuan pemahaman matematis yang rendah, dan kurangnya pembelajaran matematika yang diakulturasi dengan budaya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif android “Si-Inka” berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, dengan subjek penelitian sebanyak 31 peserta didik kelas VIII A dan C. Hasil validasi dan uji kepraktisan menunjukkan bahwa aplikasi android “Si-Inka” dinyatakan valid dan praktis. Uji efektivitas dengan N-Gain menunjukkan Si-Inka efektif dalam penggunaannya dengan skor 0,6 pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini efektif meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...