Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan soal three tier multiple choice. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan pemilihan subjek berdasarkan kriteria tertentu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Kabupaten Bantul. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes three tier multiple choice pemahaman relasional, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman relasional dalam memecahkan masalah matematika pada siswa berkemampuan pemahaman tinggi dapat memenuhi semua indikator pemahaman relasional dari kategori paham konsep, miskonsepsi false positif, dan miskonsepsi. Siswa berkemampuan pemahaman sedang dapat memenuhi tiga indikator pemahaman relasional dari kategori paham konsep dan miskonsepsi. Sedangkan siswa berkemampuan pemahaman rendah belum sepenuhnya memenuhi semua indikator pemahaman relasional dari kategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Hal ini terlihat ketika siswa dapat memecahkan masalah matematika dan dapat menyatakan alasan setiap langkah yang dilakukannya.
Copyrights © 2023