Banyak peserta didik kesulitan memahami transformasi geometri karena kurangnya penguasaan konsep dan LKPD yang ada belum memadai dalam memfasilitasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis motif Tenun Troso yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD Tenun Troso, angket respon peserta didik, angket respon peserta didik, dan soal posttest pemahaman konsep. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor hasil penilaian adalah 153,4 dan termasuk dalam kategori “sangat baik”, praktis dengan skor rata-rata angket respon peserta didik 56,75 dan berada dalam kriteria “praktis”, dan efektif dengan persentase keefektifan hasil belajar peserta didik adalah 62,5% dan berada dalam kriteria “baik”. Dengan demikian, LKPD Tenun Troso telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif maka LKPD telah layak digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024