Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan memahami: 1) internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui intervensi program keagamaan di SDIT Bunayya Medan Sunggal, 2) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui intervensi program keagamaan di SDIT Bunayya Medan Sunggal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, serta analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui melalui intervensi program keagamaan mencakup, 1) Sapa salam “assalamu’alaikum” dan bersalaman, 2) pembelajaran kosa kata bahasa Arab, 3) Tahfizul Quran, 4) shalat Dhuha, 5) shalat Dzhuhur berjama’ah, 6) Tadarrus al-Quran, 7) Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Adapun faktor pendukung internalisasi nilai pendidikan karakter berupa, 1) Kodusifitas psikologi siswa, 2) Kompetensi guru yang memumpuni, dan 3) Fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya berupa 1) menurunnya motivasi siswa, 2) kurangnya sinergitas antar guru dan orang tua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024