Jurnal Ilmiah Al-Hadi
Vol 9 No 2 (2024): Januari - Juni

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTERVENSI PROGRAM KEAGAMAAN DI SDIT BUNAYYA MEDAN SUNGGAL

Doni Kusuma Lubis (UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan memahami: 1) internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui intervensi program keagamaan di SDIT Bunayya Medan Sunggal, 2) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui intervensi program keagamaan di SDIT Bunayya Medan Sunggal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, serta analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui melalui intervensi program keagamaan mencakup, 1) Sapa salam “assalamu’alaikum” dan bersalaman, 2) pembelajaran kosa kata bahasa Arab, 3) Tahfizul Quran, 4) shalat Dhuha, 5) shalat Dzhuhur berjama’ah, 6) Tadarrus al-Quran, 7) Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Adapun faktor pendukung internalisasi nilai pendidikan karakter berupa, 1) Kodusifitas psikologi siswa, 2) Kompetensi guru yang memumpuni, dan 3) Fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya berupa 1) menurunnya motivasi siswa, 2) kurangnya sinergitas antar guru dan orang tua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alhadi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Al-Hadi is a scientific publication that efforts to facilitate academic articles and scholarly writings of a number studies in empirical research in the field of Islamic Studies. Jurnal Ilmiah Al-Hadi is open to academics, students, researchers, and practitioners who are interested in ...