LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 8, No 4 (2023): LINGUISTIK: JURNAL BAHASA & SASTRA

KEMAMPUAN PENGGUNAAN KATA BANTU BILANGAN WADAH BAHASA MANDARIN PADA SISWA SMA 1 KALAM KUDUS MEDAN

Andriani, Finna (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

AbstractThe aim of this research is to describe the level of application ability and understanding of students at SMA 1 Kalam Kudus Medan regarding the use of Mandarin auxiliary words for container numbers. To achieve this goal, researchers used a quantitative descriptive research design with random sampling techniques with 113 students of SMA 1 Kalam Kudus as the population in this study. The total sample in this study was 46 people. The instrument and data collection technique used was to give test questions in the form of 15 complete questions to students at SMA 1 Kalam Kudus Medan to measure their ability to use Mandarin auxiliary words for container numbers. The instrument reliability coefficient obtained in this study using the KR-20 formula is 1, which means the instrument used in this study has a very high reliability coefficient. The average value of students in using the container number auxiliary word "杯" (bēi/a glass) is 50.87, the average student value in using the container number auxiliary word "盒 "(hé/a box) is 52.61 and the average students' use of the container number auxiliary word "碗" (wǎn/a bowl) was 51.30. The test results showed that students at SMA 1 Kalam Kudus Medan in using Mandarin number auxiliary words were categorized as having an unsatisfactory level of understanding and application ability.  AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana tingkat kemampuan penerapan dan pemahaman siswa SMA 1 Kalam Kudus Medan terhadap penggunaan kata bantu bilangan wadah bahasa Mandarin. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik random sampling dengan 113 orang siswa SMA 1 Kalam Kudus sebagai populasi dalam penelitian ini. Total sampel dalam penelitian ini adalah 46 orang. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan soal tes yang berupa 15 butir soal mengisi kepada siswa SMA 1 Kalam Kudus Medan untuk mengukur kemampuan mereka terhadap penggunaan kata bantu bilangan wadah bahasa Mandarin. Koefisien reliabilitas instrumen yang diperoleh dalam penelitian ini dengan rumus KR-20 adalah 1, yang berarti instrumen yang digunakan dalam penelitian ini memiliki koefisien reliabilitas yang sangat tinggi. Nilai rata-rata siswa dalam menggunakan kata bantu bilangan wadah “杯” (bēi/segelas) adalah 50,87, rata-rata siswa dalam menggunakan kata bantu bilangan wadah“盒 ” (hé/sekotak)  adalah 52,61 dan rata-rata siswa dalam menggunakan kata bantu bilangan wadah “碗”(wǎn/semangkuk) adalah 51,30.Hasil tes menunjukkan bahwa siswa SMA 1 Kalam Kudus Medan dalam menggunakan kata bantu bilangan bahasa Mandarin dikategorikan memiliki tingkat kemampuan pemahaman dan penerapan yang tidak memuaskan. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...