ABSTRAK Kepuasan wisatawan merupakan hal yang penting bagi sebuah usaha bisnis wisata, dan kepuasan bisa didapatkan jika pengunjung mendapatkan pengalaman yang berkesan ketika berkunjung ke atraksi wisata. Oleh karena itu perlu adanya upaya strategi marketing melalui experiential marketing agar pengunjung mendapatkan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan wisatawan di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dengan sampel berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi dan menyebarkan kuesioner berdasarkan skala likert 1 sampai 4. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu memiliki pengalaman yang diperoleh wisatawan dengan panca Indera, kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengelola, serta kegiatan edukasi menarik, sehingga dapat menciptakan kepuasan karena memberikan pengalaman yang bermakana dan berkesan. Hal tersebut menunjukkan bahwa Taman Literasi Martha Christina Tiahahu telah berhasil menciptakan lingkungan yang menarik dan interaktif bagi masyarakat. Kata Kunci : Experiential marketing, Kepuasan Wisatawan, Wisata Literasi ABSTRACT Tourist satisfaction is essential for business tourism, and it can happen if tourists have a memorable experience when visiting a tourist attraction. Therefore, there is a need for marketing strategy efforts through experiential marketing so that visitors get satisfaction. This study analyzes how experiential marketing influences tourist satisfaction at Martha Christina Tiahahu Literacy Park. This type of research is quantitative descriptive using multiple linear regression analysis. The population in this study were all visitors who came to Martha Christina Tiahahu Literacy Park, with a sample of 100 respondents. The data collection method is observing and distributing questionnaires based on a Likert scale of 1 to 4. The sampling technique uses purposive sampling. The results of this study show that experiential marketing has a significant effect on tourist satisfaction. The Martha Christina Tiahahu Literacy Park has the experience that tourists gain with the five senses, the quality of service provided by the management, and engaging educational activities, which can create satisfaction because it allows for a meaningful and memorable experience. It shows that Martha Christina Tiahahu Literacy Park has successfully created an exciting and interactive environment for the community. Keywords : Experiential Marketing, Tourist Satisfaction, Urban Tourism
Copyrights © 2024