Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Inovasi Layanan Ritel Pangan Melalui Penciptaan Nilai Bersama: Kolaborasi Business-to-Business Kelompok Tani dan Ritel Online Berbasis Start-Up

Hesty Nurul Utami (Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran)
Sulistyodewi Nur Wiyono (Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memungkinkan pelaku agribisnis untuk berinteraksi secara interaktif dengan konsumen sebagai upaya memahami dan  memenuhi tuntutan kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Penyediaan layanan sebagai kombinasi pemasaran produk pangan dapat dijadikan dasar kustomisasi penawaran dan penciptaan nilai bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep penciptaan nilai bersama yang dilakukan melalui kolaborasi antar entitas bisnis (business-to-business – B2B) antara kelompok tani dengan peritel pangan online sebagai bentuk inovasi layanan ritel pangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan induktif kualitatif menggunakan wawancara mendalam dengan pelaku usaha yang terlibat di jalur pemasaran ritel online pangan segar dan data diolah menggunakan analisis tematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa petani dan pedagang besar melakukan transformasi kelembagaan pemasaran untuk melakukan penetrasi pasar baru untuk pasar online dengan membentuk lembaga kelompok tani dengan mengusung prinsip inklusif, kolaboratif, transparansi, pemberdayaan, edukasi, dan keadilan sosial. Penciptaan nilai bersama merupakan bentuk kolaborasi yang dilakukan antara kelompok tani dengan ritel online dengan luaran berupa peningkatan wawasan pengelolaan bisnis pangan yang lebih professional, pemahaman penanggungan risiko dalam bisnis, pemanfaatan arus informasi yang lebih cepat, penetrasi dan portofolio pasar yang lebih menguntungkan, peningkatan pengetahuan dan kapabilitas petani, pemahaman kolaborasi bisnis yang lebih baik di era digital dan persaingan, serta terciptanya mental capital petani di dalam kelompok tani, serta upaya penawaran produk pangan yang lebih baik kepada konsumen. Penciptaan nilai bersama dapat menjadi konsep bisnis dan pemasaran yang digunakan pelaku usaha agribisnis sayuran untuk memperoleh keunggulan kompetitif yang berkeadilan bagi semua pihak yang terlibat di dalam jalur pemasaran ritel online pangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...