Indonesia dikenal sebagai produsen cengkeh terbesar di dunia. Persaingan yang semakin ketat dan meningkatnya ekspor cengkeh di pasar Internasional mengharuskan Indonesia untuk menjadi lebih kompetitif dalam perdagangan Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing daya saing cengkeh Indonesia di pasar Internasional, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor komoditas cengkeh Indonesia serta bagaimana keterkaitan hubungan daya saing cengkeh Indonesia dengan negara-negara kompetitor lainnya. Metode penelitian menggunakan analisis data sekunder time series. Alat analisis yang digunakan yaitu Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk menganalisis daya saing, analisis regresi linier berganda untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing cengkeh Indonesia dan korelasi Rank Spearman untuk menganalisis hubungan daya saing antar negara kompetitor. Hasil penelitian menunjukkan Indonesia memiliki nilai RCA rata-rata 15,47 dan diurutan ketiga sebagai negara dengan daya saing cengkeh yang kuat setelah Madagaskar dan Tanzania. Daya saing cengkeh Indonesia dipengaruhi oleh faktor volume ekspor cengkeh dan tingkat inflasi Indonesia serta memiliki hubungan daya saing yang berkorelasi negatif dan tidak searah dengan masing-masing negara kompetitor.
Copyrights © 2023