International Journal of Geotourism Science and Developmen
Vol. 4 No. 1 (2024): Juni (in Press)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITA-TOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA

Ni Made Mulyaningsih (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)
I Made Gunamantha (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)
Made Ardana (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 3) mengetahui perbedaan yang simultan motivasi dan hasil belajar IPA secara simultan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28,. Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi pada nilai sig. 0,001<0,05. (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar pada sig. 0,712>0,05. (3) terdapat pengaruh secara simultan model Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar pada nilai sig. 0,001<0,05

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJGSD

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

International Journal of Geotourism Science and Development is an international scientific Open Access journal published by Badan Pelaksana Rinjani-geopark Rinjani Lombok that publishes original articles with a theoretical and practical focus on Geology areas for Sustainable development, paying much ...