Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 14 No 2 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan

PENERAPAN CUSTOMER FOCUS DALAM MANAJEMEN MUTU TERPADU (TQM) DI SMPN 40 SURABAYA

Aulia Sagita Rahayu (Universitas Negeri Surabaya)
Nesha Aisyah (Universitas Negeri Surabaya)
Mufarrihul Hazin (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Mutu terpadu atau sering dikenal dengan TQM merupakan sutu pendekatan system untuk menentukan kualitas pendidikan yang unggul. Dapat kita ketahui bahwasannya masalah pendidikan di negara kita yakni kurangnya mutu pendidikan, yang mana masih ditemukan mutu sekolah yang belum maju. TQM tidak dapat diimplementasikan di lembaga pendidikan tanpa berkolaborasi dengan semua komponen yang ada, termasuk kepala sekolah, guru, staf dan dukungan eksternal, Seperti komite sekolah, untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji bagaimana kepala sekolah, guru, dan komite sekolah menggunakan TQM untuk meningkatkan kepuasan ataupun pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana bertujuan untuk mengumpulkan data dari subjek penelitian yang relevan untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena yang ada. Alat pengumpulan data yang diterapkan meliputi wawancara dan observasi. Data yang diambil adalah data yang berasal dari informan, fonema atau gejala serta data dokumen pendukung yang relevan dengan variabel penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) E-ISSN: 2597-8659 is an open-access scientific journal published online through the Open Journal System. JMP published biannually, June and December by Magister Program and Doctoral Program of Education Management Universitas Negeri Jakarta. Its aim is to publish ...