Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam meningkatkan efektivitas belajar membaca al-quran melalui metode Qur’ani sidogiri siswa kelas 3 MDU Darussalam Daun. Problema tersebut juga untuk mengetahui faktor pendukung dalam meningkatkan efektivitas belajar membaca al-quran melalui metode Qur’ani sidogiri siswa kelas 3 MDU Darussalam Daun. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Al-quran kelas 3 dan siswa kelas 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Qur’ani sidogiri siswa kelas 3 MDU Darussalam Daun mampu mengatur pola pembacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar. Beberapa factor yang menjadi masalah juga terselesaikan dengan dukungan berbagai peran guru yang tinggal (menginap) di wilayah pondok pesantren. Faktor lain yang mendukung dalam meningkatkan efektivitas belajar membaca al-quran melalui metode Qur’ani sidogiri siswa kelas 3 MDU Darussalam Daun yaitu dari sarana dan prasarana yang memadai, dari minat dan semangat siswa, dari dukungan orang tua dan dari metode pembelajaran Al-quran yang digunakan yaitu metode Qur’ani sidogiri.
Copyrights © 2021