Georafflesia : Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi
Vol 9 No 1 (2024)

ANALISIS TINGKAT DAN FAKTOR PENYEBAB KERAWANAN BANJIR DI KECAMATAN SIBERUT SELATAN

Ipan Karasius (Universitas Tamansiswa Padang)
Desi Eka Putri (STKIP Pesisir Selatan Sumatera Barat)
Heny Mariati (Universitas Tamansiswa Padang)
Hary Febrianto (Universitas Tamansiswa Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis sebaran tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Siberut Selatan, (2) menganalisis faktor dominan penyebab kerawanan banjir di Kecamatan Siberut Selatan. Sampel penelitian ini adalah sebagian daerah rawan banjir di Kecamatan Siberut Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Pengolahan data untuk mengetahui sebaran tingkat kerawanan banjir dilakukan dengan overlay, skoring dan pembobotan dari data kemiringan lereng, elevasi, curah hujan, jenis tanah, jarak sungai dan penggunaan lahan. Untuk mengetahui faktor dominan penyebab banjir menggunakan uji korelasi pearsson. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tingkat kerawanan banjir di Kecamatan Siberut Selatan dibagi menjadi tiga kelas yaitu tingkat kerawanan rendah seluas 34.991,67 ha (71,86%), tingkat kerawanan sedang seluas 12.488,61 ha (25,65%), tingkat kerawanan tinggi seluas 1.215,30 ha (2,50%). Faktor dominan penyebab banjir di Kecamatan Siberut Selatan yaitu parameter curah hujan kerena hasil korelasinya mendapat nilai tertinggi sebesar 0,693, lalu diikuti oleh penggunaan lahan sebesar 0,503, elevasi sebesar 0,313, jarak sungai sebesar 0,281, jenis tanah sebesar 0,134 dan kemiringan lereng sebesar 0,126.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

georafflesia

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Journal Of Georafflesia: Scientific Article Education This Geography focuses on the problems that exist in the realm of education, physical geography, and social geography. The educational domain is all articles that illustrate the problem of education in all science clusters and Applied Models of ...