IKONIK : Jurnal Seni dan Desain
Vol. 6 No. 02 (2024): JULI 2024

Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Pembelajaran Bahasa Aksara Simalungun untuk Siswa Sekolah Dasar

Arivia Sri Handayani (Institut Seni Budaya Indonesia Aceh)
Muhammad Ghifari (Institut Seni Budaya Indonesia Aceh)
Aji Sofiana Putri (Institut Seni Budaya Indonesia Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Simalungun merupakan sub Suku Batak yang memiliki aksara tersendiri, yaitu Aksara Simalungun yang disebut juga dengan surat batak atau surat sapuluh siah. Dalam menjaga kelestariannya, Bahasa Aksara Simalungun diterapkan sebagai muatan lokal dalam mata pelajaran Sekolah Dasar. Namun, dikarenakan kurangnya penggunaan Bahasa Simalungun di lingkungan menjadi faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami ketika proses pembelajaran. Perancangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan metode permainan sehingga siswa mampu mengingat dan memahami pembelajaran Bahasa Aksara Simalungun. Metode perancangan ini menggunakan metode design thinking (Empathy, Define, Ideate, Design/Prototype,Test) dengan analisis data 5W+1H. Hasil dari perancangan ini ialah board game yang digunakan sebagai media edukasi pembelajaran Bahasa Aksara Simalungun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ikonik

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal IKONIK memuat semua tulisan yang berobyek materi di bidang Seni Pertunjukan, Seni Rupa dan Desain, yang meliputi topik berikut: Musik, Tari, Teater, Sejarah Desain, Sejarah Seni, Budaya Visual, Metodologi Desain, Proses Desain, Wacana Desain, Desain dan Budaya, Sosiologi Desain, Manajemen ...