Sekolah Keluarga hadir sebagai inovasi pelayanan publik dengan tujuan untuk memperbaiki fungsi dari keluarga dan menyatupadukan pola pembinaan dari anggota keluarga yang berorientasi dengan peningkatan kualitasketahanan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Materi Pembelajaran dan Pengetahuan Terhadap Perilaku Peserta Program Sekolah Keluarga dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Moderating di Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini dengan metode Structural Equation Modelling berbasis varians Smart PLS, objek penelitian adalah peserta sekolah keluarga di Bukittinggi, jumlah sampel sebanyak 223 responden. Hasil menunjukkan bahwa materi pembelajaran, pengetahuan dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap perilaku peserta sekolah keluarga. Dalam faktor memoderasi lingkungan keluarga memperlemah pengaruh materi pembelajaran terhadap perilaku, lingkungan keluarga mampu memperkuat pengaruh pengetahuan terhadap perilaku peserta sekolah keluarga. Mengingat banyaknya manfaat dan ilmu pengetahuan yang didapatkan diharapkan program sekolah keluarga dilaksanakan secara berkesinambungan dalam upaya menciptakan keluarga hebat dan tangguh. Kesimpulan dari artikel ini bahwa materi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku peserta sekolah keluarga di Bukittinggi, pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku peserta sekolah keluarga di Bukittinggi.
Copyrights © 2023