Penelitian ini membahas pengaruh aturan berpakaian di sekolah terhadap perilaku berbusana Muslim peserta didik di luar lingkungan sekolah. Topik ini penting untuk memahami keterkaitan antara aturan sekolah dengan sikap dan perilaku peserta didik dalam menerapkan ajaran Islam tentang berbusana. Pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan dokumentasi pada sampel 65 peserta didik SMPIT Al 'Arabi Cikarang Barat yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan uji konstruk korelasi product moment dan Cronbach's Alpha. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan SPSS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa aturan berpakaian di sekolah dan perilaku berbusana Muslim peserta didik di luar lingkungan sekolah berada dalam kategori sedang. Analisis inferensial melalui uji regresi sederhana mengungkapkan bahwa aturan berpakaian di sekolah memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 33,3% terhadap perilaku berbusana Muslim peserta didik di luar lingkungan sekolah. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya peran sekolah dalam menegakkan aturan berpakaian yang sesuai dengan ajaran Islam untuk membentuk perilaku berbusana Muslim peserta didik.
Copyrights © 2024