Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Pusat Keunggulan melalui Program Magang Industri di SMK 1 Cikarang Selatan. Topik ini penting karena merupakan upaya strategis untuk menjembatani kesenjangan antara pendidikan kejuruan dan kebutuhan industri yang dinamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami secara mendalam bagaimana program magang industri diintegrasikan ke dalam kurikulum serta dampaknya terhadap siswa dan hubungan sekolah dengan dunia industri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK 1 Cikarang Selatan melakukan penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan industri mitra melalui identifikasi kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan, serta penyusunan kurikulum yang melibatkan tim ahli dari guru, instruktur, dan pakar industri. Program magang industri memberikan pengalaman praktis bagi siswa di lingkungan kerja sesungguhnya dengan bimbingan mentor dari industri. Selain penguasaan teknis, pengembangan karakter dan keterampilan soft skills juga menjadi prioritas dalam kurikulum, termasuk etika kerja, komunikasi efektif, kerja tim, adaptasi, dan pemecahan masalah. Pendekatan holistik ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter kuat, dan siap menghadapi persaingan global.
Copyrights © 2024