Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Analisis Kemampuan Menulis pada Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Siswa Kelas II di Sekolah Dasar Negeri 44 Palembang

Marlena, Neni (Unknown)
Nopriyanti, Tika Dwi (Unknown)
Rosita, Laili (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Kedua mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dan kesulitan dalam menulis pada ABK Tunagrahita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini adalah hasil siswa dalam kesulitan menulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah ABK Tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara, serta teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan data, data reduksi, data penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa kemampuan menulis anak sudah pada tahap mampu menyalin dan menulis huruf, kata dan kalimat dengan huruf kapital. Sedangkan faktor yang menjadi hambatan dan kesulitan dalam menulis pada ABK Tunagrahita adalah pertama faktor internal kemampuan motorik anak, kedua faktor kemampuan visual memori anak, ketiga faktor eksternal motivasi, keempat faktor guru, dan kelima faktor keluarga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...