Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Kedua mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dan kesulitan dalam menulis pada ABK Tunagrahita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini adalah hasil siswa dalam kesulitan menulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah ABK Tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara, serta teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan data, data reduksi, data penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa kemampuan menulis anak sudah pada tahap mampu menyalin dan menulis huruf, kata dan kalimat dengan huruf kapital. Sedangkan faktor yang menjadi hambatan dan kesulitan dalam menulis pada ABK Tunagrahita adalah pertama faktor internal kemampuan motorik anak, kedua faktor kemampuan visual memori anak, ketiga faktor eksternal motivasi, keempat faktor guru, dan kelima faktor keluarga.
Copyrights © 2024