Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran SSCS Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Keaktifan Belajar Matematika Siswa

Niko Setiawan (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Nuryadi Nuryadi (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peahaman konsep matematis dan keaktifan belajar siswa SMP N 1 Sedayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 sedayu. Sedangkan sample penelitian adalah kelas VII F yang terdiri 32 siswa dan kelas VII G yang terdiri dari 32 siswa. Dalam penelitian ini kelas VII Fsebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe inside outside circle dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembalajaran yang biasa digunakan oleh guru matematika. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui meningkatnya kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar siswa, yaitu pretest, posttest, dan lembar observasi keaktifan siswa. Untuk mengetahui apakan model pembelajaran SSCS menggunakan bahan ajar gamifikasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa digunakan uji Wilcoxon Signed Rant Test. Sedangkan, untuk mengetahui pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa digunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SSCS berpengaruh terhadap meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keaktifan belajar matematika siswa di SMPN 1 Sedayu dan model tersebut juga lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru matematika disekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...