Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peahaman konsep matematis dan keaktifan belajar siswa SMP N 1 Sedayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 sedayu. Sedangkan sample penelitian adalah kelas VII F yang terdiri 32 siswa dan kelas VII G yang terdiri dari 32 siswa. Dalam penelitian ini kelas VII Fsebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe inside outside circle dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembalajaran yang biasa digunakan oleh guru matematika. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui meningkatnya kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar siswa, yaitu pretest, posttest, dan lembar observasi keaktifan siswa. Untuk mengetahui apakan model pembelajaran SSCS menggunakan bahan ajar gamifikasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa digunakan uji Wilcoxon Signed Rant Test. Sedangkan, untuk mengetahui pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa digunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SSCS berpengaruh terhadap meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keaktifan belajar matematika siswa di SMPN 1 Sedayu dan model tersebut juga lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru matematika disekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024