Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa SD. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan media powerpoint dan video terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SD. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimentaldesign tipe one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan pada Kelas V di SDN Kenjeran 248 Surabaya Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t test. Dari hasil uji hipotesis nilai t = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif media powerpoint dan video terhadap hasil belajar IPAS pada siswa Kelas V di SDN Kenjeran 248 Surabaya.
Copyrights © 2024